Inilah Manfaat Titanium Dioxide dalam Sunscreen dan Skincare

  • October 24, 2022

Pernahkah Kamu mendengar istilah titanium dioxide? Titanium dioxide adalah salah satu bahan utama dalam produk-produk tabir surya atau sunscreen serta produk kosmetik yang memiliki efek melindungi dari sinar UV. Manfaat titanium dioxide aalah sebagai bahan aktif yang melindungi kulit dari penyerapan sinar UV.

Namun ternyata, manfaat titanium dioxide bukan hanya sebagai bahan aktif untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV loh. Penggunaan bahan yang mengandung titanium dioxide juga memiliki efek tambahan yang lain yakni untuk efek mencerahkan.

Mau tau lebih lanjut tentang titanium dioxide beserta manfaat serta efek sampingnya? Yuk terus simak artikel ini.

Apa Itu Titanium Dioxide dalam Skincare?

Sebelum membahas mengenai titanium dioxide dalam skincare, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu apa itu titanium dioxide.

Titanium dioxide merupakan sebuah senyawa alami dari oksidasi titanium yang memiliki rumus kimia TiO2 yang dikenal juga dengan nama titanium(IV) oksida atau titania. Senyawa ini biasanya didapat dari rutil, imenit, dan atase. Secara umum, titanium dioxide digunakan sebagai pigmen warna putih, baik pada pewarna cat, termasuk dalam makanan serta produk kecantikan dan perawatan tubuh.

Penggunaan titanium doxide pada kosmetik dan skincare utamanya difungsikan sebagai bahan aktif untuk melindungi kulit dari sinar UV yang dihasilkan oleh matahari. Bahan aktif titanium dioxide dapat menghalangi kulit untuk menyerap sinar UV tersebut ehingga dapat membantu kulit mengurangi risiko kulit terbakar serta kanker kulit.

Fungsi dan Kandungan Titanium Dioxide

Seperti yang telah disinggung di atas, fungsi titanium dioxide adalah sebagai pigmen warna dala, berbagai produk dan juga dapat berfungsi sebagai bahan aktif untuk menangkal sinar UV.

Maka untuk memenuhi kedua fungsi tersebut, titanium dioxide hadir dalam dua bentuk yang berbeda, yakni:

  • Titanium dioxide sebagai pigmen warna

Titanium dioxide merupakan zat pigmen yang banyak digunakan untuk membentuk warna-warna putih baik pada cat, pewarna makanan, maupun beragam jenis pigmentasi lain.

Namun fakta uniknya, beragam pigmen warna gelap pun mengandung titanium dioxide sebagai agen pigmentasinya.

  • Titanium dioxide dalam nanoscale untuk tabir surya

Titanium dioxide dalam nanoscale atau ukuran yang sangat halus saat ini lebih dikenal dan dimanfaat sebagai bahan utama dalam skincare dan sunscreen yang berfungsi sebagai zat penangkal sinar UV dari matahari.

Ukuran partikelnya yang sangat kecil memungkinkan nano titanium dioxide untuk memiliki sifat yang tampak transparan namun memiliki efek mencerahkan jika diaplikasikan pada kulit.

Nano titanium dioxide ini juga dapat bekerja untuk menyerap sinar ultraviolet dari matahari dan mencegahnya masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam sehingga dapat mengurangi risiko buruk sinar UVB pada kulit.

Tapi sayangnya untuk mencapai ukuran nano, titanium dioxide harus melalui proses penggilingan dan proses ini dapat menurunkan kemampuannya dalam hal menyerap sinau UV khususnya jenis UVA.

Oleh sebab itu, penggunaan titanium dioxide dalam sunscreen selalu dibarengi dengan zat zinc dioxide. Jika digunaan bersamaan kedua zat mineral ini mampu memberikan perlindungan yang lebih maksimal dari sinar UVA maiupun UVB dan dapat mencegah penuaan dini serta risiko-risiko buruk sinar ultraviolet lannya.

Baca lebih lanjut: Manfaat Titanium Dioxide dalam Sunscreen & Produk Kecantikan

Efek Samping Titanium Dioxide

Di samping fungsinya, kita juga akan membahas mengenai bahaya titanium dioxide baik ketiga digunakan sebagai zat pigmen pewarna maupun sebagai bahan dasar utama sunscreen dan skincare.

Sebagai bahan pewarna pigmen, titanium dioxide dinyatakan aman dan tidak memiliki efek samping. Namun jika digunakan di dalam makanan, banyak ahli otoritas pengawas keamanan pangan dan obat-obatan menyatakan untuk hati-hati dalam menggunakan zat ini. Meskipun sebenarnya belum ada penelitian yang pasti mengenai dampak bahaya titanium dioxide jika dikonsumsi dalam makanan.

Sedangkan sebagai bahan utama dalam sunscreen dan skincare, efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan titanium dioxide digolongkan dalam kategori ringan sampai berat. Jika zat ini tidak sengaja terkena mata, maka dapat menimbulkan iritasi ringan yang dapat diatasi dengan membilas mata dengan air bersih.

Jika zat ini terhirup dalam jumlah yang cukup besar, maka dapat menimbulkan iritasi paa hidung dan tenggorokan. Serta jika Kamu adaah orang dengan jenis kulit sangat sensitif yang mudah alergi, penggunaan produk sunscreen dan skincare yang mengandung titanium dioxide juga dapat memicu timbulnya alergi atau iritasi kulit. Nah demikian pembahasan mengenai manfaat titanium dioxide beserta efek samping yang mungkin ditimbulkan oleh penggunaannya. Semoga bermanfaat.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*