Pengertian dan Cara Mengatasi Kecemasan Berlebihan

  • August 6, 2022

Kecemasan berlebihan disebut juga anxiety, merupakan kondisi yang dinilai cukup menganggu bagi kehidupan sehari-hari. Saat ini, di era yang serba cepat serta penuh akan tuntutan membuat orang jadi mudah terserang anxiety atau gangguan kecemasan. Sehingga sangat penting bagi kita untuk tau dan paham cara mengatasi kecemasan berlebihan agar hal ini tidak makin memberi efek buruk untuk kita.

Namun sebelum lanjut membahas cara mengatasi kecemasan berlebihan, yuk kita bahas terlebih dahulu mengenai apa itu kecemasan berlebih atau anxiety disorder dan faktor-aktor penyebabnya.

Definisi anxiety menurut para ahli psikologi adalah suatu kondisi kegelisahan, yang dapat berupa perasaan khawatir ataupun takut. Perasaan bisa saja muncul dalam kadar yang ringan dan wajar, namun bisa juga muncul dalam kadar yang berat dan menganggu.

Sebenarnya, setiap orang pasti memiliki kegelisahan atau anxiety di dalam hidupnya. Hal ini merupakan hal yang jawar dan merupakan bagian dari bentuk emosi manusia. Misalnya, seseorang dapat merasa gelisah atau deg-degan saat akan menjalani ujian, atau pada saat akan wawancara kerja, atau bahkan saat akan tampil di atas panggung bagi seorang penyanyi. Kegelisahan yang muncl di momen-momen seperti ini adalah hal wajar.

Namun demikian, ada beberapa orangyang mengalami kecemasan yang berlebihan dan cenderung menjadi anxiety disorder. Kondisi kecemasan yang berlebihan ini menjadikan seseorang gelisah hampir sepanjang waktu dan dapat menganggu keidupan sehari-harinya.

Penyebab Anxiety Disorder atau Kecemasan Berlebih

Beberapa faktor yang dapat memicu munculnya kecemasan yang berlebihan atau anxiety disorder antara lain:

  1. Stress berlebihan

Stress yang berlebihan dapat memicu adanya aktivitas berlebihan dalam otak pada area yang bertanggung jawab untuk mengatur emosi dan tingkah laku. 

Stress juga memicu ketidakseimbangan produksi hormon serotonin dan noradrenaline dalam otak yang bertugas untuk mengontrol perasaan (mood) dan emosi sehingga dapat memicu anxiety disorder.

  1. Trauma

Hal-hal traumatis di masa lalu, seperti kecelakaan, korban bully, korban kekerasan, dan pelecehan semasa kanak-kanak dst, dapat menjadi penyebab seseorang memiliki anxiety disorder.

  1. Kondisi kesehatan yang kurang baik

Seseorang yang sedang menjalani masa pengobatan atau yang memiliki riwayat kesehatan yang kurang baik bisa memiliki anxiety yan berlebihan. Mereka akan cenderung merasa stress dan khawatir tentang kondisi diri mereka dan mungkin memikirkan hal-hal buruk terhadap diri mereka yang belum tentu terjadi

  1. Konsumsi obat-obatan dan atau alkohol

Orang yang memiliki kecanduan terhadap obat-obatan dan alkohol berpotensi untuk mengalami anxiety disorder. Efek samping dari obat-obatan dan alkohol tersebut dapat memicu ketidakseimbangan hormon bahkan merusak otak sehingga akan lebih mudah terserang kecemasan berlebihan.

  1. Genetika

Genetika dari orang tua yang memiliki anxiety disorder atau gangguan kecemasan dapat  enurun kepada anak-anaknya.  Potensi seseorang mengalami gangguan kecemasa bagi yang memiliki riwayat gangguan kecemasan di keluarganya dapat meningkat hingga 5 kali lipat.

Cara Mengatasi Kecemasan Berlebihan

Jika seseorang telah mengalami gangguan kecemasan yang dirasa mengganggu, maka terdapat dua cara untuk mengatasinya, yakni:

  1. Melakukan konseling atau psikoterapi

Sesi konseling atau psikoterapi dengan seorang psikolog dapat membantu seseorang untuk mengatasi kondisi anxiety disorder yang sedang dialami.

Biasanya psikolog akan membantu kliennya yang memiliki gangguan kecemasan dengan metode terapi kognitif. Terapi ini bertujuan untuk membantu klien dalam mengenali pola pikir dan perilakunya sendiri. Dengan mengasah kepekaan terhadap pola pikir dan perilakunya sendiri, seseorang diharapkan mampu untuk mengolah kesadaran dan responnya terhadap situasi-situasi yang dihadapi atau perasaan yang dirasakan agar menjadi lebih terkontrol dan mengurangi tingkat kecemasan yang berlebih.

  1. Menggunakan obat 

Selain melakukan sesi konseling dengan psikolog, pada kondisi tertentu, cara mengatasi kecemasan berlebihan yang dianjurkan adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan. Anjuran ini tentu saja hanya boleh dilakukan oleh dokter spesialis kejiwaan atau psikiater.

Seseorang harus datang pada seorang psikiater untuk mendapat diagnosa secara lengkap serta resep obat yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi gejalanya. Salah satu jenis obat yang diresepkan oleh psikiater bagi pasiennya adalah antidepresan. Obat antidepresan bekerja dengan cara mengurangi stress dan meningkatkan mood agar gejala anxiety sang pasien berkurang.

Selain itu, kamu juga dapat menerapkan beberapa tips berikut ini sebagai cara megatasi kecemasan berlebihan:

  • Menerapkan gaya hidup sehat dengan rutin olah raga dan makan-makanan sehat.
  • Istirahat yang cukup.
  • Melakukan meditasi dan latihan pernafasan untuk ketenangan.
  • Mengurangi konsumsi kafein (kopi, teh, cokelat, dll.) dan alkohol yang berlebih.
  • Melakukan hobi-hobi yang menyenangkan dan positif.
  • Membiasakan untuk menulis jurnal atau diary tentang perasaan-perasaan yang dirasakan. Hal ini berguna untuk menyalurkan emosi yang muncul da dirasakan oleh seseorang. Atau bisa juga bercerita pada orang terdekat dan terpercaya atau pada psikolog.

Demikian pembahasan mengenai pengertian dan cara mengatasi kecemasan berlebihan (anxiety disorder). Semoga bermanfaat!

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*