5 Mekanisme Pertahanan Diri Paling Umum

  • August 31, 2022

Sebagai makhluk hidup, manusia memiliki mekanisme pertahanan diri untuk melindungi dirinya dari suatu hal yang mereka anggap tidak mengenakkan. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai pertahanan diri dan apa saja pertahanan diri yang paling umum dilakukan manusia.

Apa Itu Mekanisme Pertahanan?

Mekanisme pertahanan diartikan sebagai tingkah laku yang dipakai manusia untuk memisahkan diri dari peristiwa, tindakan, atau pikiran yang menurut mereka tidak menyenangkan. Mekanisme pertahanan berasal dari teori psikoanalitik, perspektif psikologis kepribadian yang melihat kepribadian sebagai interaksi antara ego dan super ego.

Strategi ini mampu menjauhkan seseorang dari ancaman atau perasaan yang tidak diinginkan, seperti rasa malu atau bersalah. Sigmund Freud merupakan orang yang pertama kali mengusulkan pertahanan diri ini, dan teorinya telah berkembang dari waktu ke waktu. Berdasarkan teori-teori yang ada, mekanisme pertahanan adalah bagian alami dari perkembangan psikologis. 

Cara Kerja Mekanisme Pertahanan

Mekanisme pertahanan merupakan cara kamu bereaksi terhadap situasi yang memunculkan semosi negatif. Menurut teori psikoanalitik, ketika kamu mengalami stresor, alam bawah sadar akan memantau situasi untuk melihat apakah hal tersebut mampu membahayakan dirimu. 

Apabila alam bawah sadar percaya bahwa situasi tersebut mampu menyebabkan kerusakan emosional, maka dia mungkin bereaksi dengan mekanisme pertahanan untuk melindungi dirimu dari bahaya.

Pertahanan Diri Paling Umum

Banyak mekanisme pertahanan diri yang telah diidentifikasi. Beberapa diantaranya sering digunakan oleh mayoritas orang. Berikut merupakan mekanisme pertahanan yang paling banyak orang lakukan:

  1. Penolakan

Penolakan akan dilakukan ketika kamu menolak untuk menerima kenyataan atau fakta. Orang-orang mampu menghindari perasaan atau peristiwa yang menyakitkan. Orang-orang yang melakukan mekanisme ini dikenal sebagai “Orang-orang dalam penyangkalan”.

  1. Represi

Pikiran buruk, kenangan yang menyakitkan, atau keyakinan yang irasional mampu membuat kamu kesal. Alih-alih menghadapi pikiran tersebut, kamu mungkin secara tidak sadar memilih untuk menyembunyikannya dengan harapan bisa melupakannya sepenuhnya.

Namun, bukan berarti kenangan tersebut akan hilang seutuhnya. Mereka bisa mempengaruhi perilaku, serta dapat mempengaruhi hubungan di masa depan. Kamu mungkin tidak menyadari dampak dari mekanisme pertahanan ini.

  1. Proyeksi

Beberapa perasaan atau pikiran yang kamu miliki terhadap orang lain mungkin akan membuat kamu tidak nyaman. Ketika kamu memproyeksikan perasaan tersebut, kamu mungkin salah mengatribusikannya kepada orang lain.

Misalnya, kamu mungkin tidak menyukai rekan kerja atau teman sekelasmu, namun alih-alih menerimanya, kamu malah mengatakan pada dirimu sendiri bahwa rekan kerja atau teman sekelasmu tersebut tidak menyukai dirimu. 

Kamu akan mulai menafsirkan kata-kata serta tindakan mereka terhadap kamu dengan cara yang paling buruk, meskipun mereka sebenarnya tidak membenci dirimu sama sekali. Kamu hanya tidak mau menerima bahwa kamu membenci orang lain.

  1. Rasionalisasi

Beberapa orang akan mencoba menjelaskan perilaku yang tidak diinginkan dengan serangkaian “fakta” mereka sendiri. Hal tersebut memungkinkan kamu untuk merasa lebih nyaman dengan pilihan yang telah kamu buat, bahkan meskipun kamu tahu bahwa pilihan tersebut tidak benar.

  1. Sublimasi

Mekanisme ini dianggap sebagai startegi yang paling positif karena mampu mengarahkan emosi atau perasaan ke dalam aktivitas yang lebih sesuai dan aman. Contohnya, alih-alih menyerang rekan kerja saat penuh tekanan, kamu lebih memilih menyalurkan rasa frustasi dengan mengikuti kelas kickboxing, kelas seni, atau bahkan kelas musik.

Itulah penjelasan mengapa seseorang akan melakukan mekanisme pertahanan diri dan apa saja pertahanan diri yang paling umum dilakukan. Dari kelima pertahanan diri yang telah disampaikan, manakah mekanisme perlindungan yang paling sering kamu gunakan?

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*